Senin, 23 September 2019

CARA MENDESAIN KOTAK P3K SIMULATOR RUANG ABK

ASSALAMU'ALAIKUM  WR.WB


Apa kabar Teman? :)
Pada blog sebelumnya, sudah dibahas mengenai ilmu Interior kapal dan Pekerjan Interior kapal. untuk yang belum berkunjung, silakan dibaca terlebih dahulu agar kalian mengerti yang akan dibahas pada blog ini.
Nah, selanjutnya akan dibahas lebih lanjut mengenai cara mendesain perabot pada Simulator.


Perlu kalian ketahui,

            Mendesain suatu ruangan atau interior pada bangunan tentunya sangat sering kita jumpai. Namun, jika mendesain suatu ruangan pada kapal mungkin sedikit tidak banyak yang tahu. Perlu diketahui, mendesain interior kapal berbeda dengan mendesain suatu ruangan. karena mulai dari bentuk lambung kapal, ukuran ruangan kapal, bentuk lantai kapal, dan lain sebagainya.
            furniture pada kapal dengan furniture yang ada dibangunan-bangunan pada umumnya sama, yang membedakan hanya cara pemasangan dan bentuk furniture tetapi harus memperhatikan ukuran ruangan yang digunakan.
selanjutnya, akan dibahas mengenai langkah-langkah mendesain sebuah furniture yaitu Kotak P3K di bagian gading AC kanan simulator.

Tahap awal untuk mendesain sebuah furniture adalah pengukuran. pengukuran yang dimaksudkan adalah dalam satu ruangan terdapat berbagai perabot yang akan dipasang. setiap perabot memiliki ukuran-ukuran yang harus ditentukan.
berikut langkah-langkah mendesain kotak p3k pada aplikasi SketchUp.

1. Siapkan terlebih dahulu alat yang digunakan yaitu laptop dan mouse yang digunakan untuk mendesain. Untuk aplikasi menggambar yang disarankan yaitu SketchUp pro 2019 (versi terbaru).

2. Klik toolbar Sketchup seperti gambar dibawah ini.


3. Lalu klik centimeters sebagai satuan ukuran dalam mendesain.


4. Klik toolbar RECTANGLE dan mulai menggambar untuk bagian dasar dalam membuat kotak p3k dengan ukuran p x t (40 cm x 50 cm).  Untuk penulisannya pada measurements dipojok kanan bawah SketchUp adalah 40; 50 . Tanda kali diganti dengan tanda titik koma. setelah diketik lalu diklik enter.



5. kemudian klik OFFSET dan posisikan kursor pada bagian tepi garis hingga muncul gambar kotak kecil merah lalu klik sampai keluar garis dengan ukuran 3 cm lalu klik enter. lihat gambar dibawah ini yang bertanda panah merah.


6. setelah itu, klik toolbar PUSH/PULL, tempatkan pada ketebalan kotak yang sudah dibuat. dorong kursor hingga bagian belakang muncul lalu ketik ukuran 30 cm seperti pada gambar dibawah ini.

7. klik toolbar SELECT, lalu posisikan pada kotak bagian dalam lalu klik hingga muncul bintik-bintik hitam lalu klik DELETE.


8. untuk membuat skat bagian tengah kotak P3K, klik RECTANGLE lalu posisikan pada tengah kotak (midpoint) dan mulai menggambar dengan tebal 1 cm.

9. untuk memunculkan skat dengan mengklik PUSH/PULL dengan jarak ukuran 28 cm.


10. membuat bagian skat pemisah dengan cara yang sama seperti membuat skat bagian tengah. seperti pada gambar dibawah ini.

11. selanjutnya adalah membuat bagian pintu, seperti cara sebelumnya memakai tool RECTANGLE lalu di PUSH/PULL sejauh 32 cm.

12. selanjutnya adalah handle kotak p3k. dengan menggunakan komponen dari 3D Warehouse, kita bisa menjelajahi semua komponen-komponen yang dibutuhkan dan mempermudah kita untuk tidak memakan banyak waktu dalam mendesain. klik window - klik 3D Warehouse - ketik dipencarian 'handle' (disarankan untuk menggunakan SketchUp pro 2019) maka akan keluar tampilan seperti pada gambar dibawah ini.

   pilih gambar yang diinginkan, lalu klik download dan otomatis muncul pada layar SketchUp. kemudian move dan pasang pada bagian pintu dengan tepat.

13. terakhir, beri sentuhan warna agar detail gambar lebih jelas. klik toolbar PAINT BUCKET - pilih jenis warna yang disukai. karena bahan dasar pekerjaan kotak p3k adalah kayu, maka sentuhan warna kayu lebih menarik dan cocok. selesai.



bagaimana teman-teman.. apakah kalian sudah paham mengenai cara mendesain sebuah perabot?
mohon kritik dan sarannya ya...
terimakasih sudah berkunjung ke blog saya... semoga bermanfaat :)

33 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. apakah pintu kotak p3k tersebut tidak dipasangi kunci?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak, kotak p3k ini menggunakan pengunci capit udang dibagian dalam yang otomatis akan mengunci secara rapat.

      Hapus
  3. Saya tidak menemui konstruksi setiap pertemuan komponen, apa bisa dijelaskan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, disini saya hanya memberi penjelasan mendesain. untuk penerapannya secara langsung, setiap penerapan komponen tidak memakai sistem penyambungan. merakit dan menyekrupnya secara langsung.

      Hapus
  4. berapa ukuran sesungguhnya kotak p3k nya?

    BalasHapus
  5. jika saya ingin membuat kotak p3k tersebut, bagaimana cara untuk pemasangan kotak p3k tersebut dan menggunakan bahan apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahan yang digunakan adalah kayu multiplek dengan tebal 15mm.
      pemasangannya dengan menyekrup setiap pertemuan komponen.

      Hapus
  6. Balasan
    1. untuk penerapannya, bisa memakai cat woodstain atau waterbase

      Hapus
  7. alat dan bahan apa saja yang digunakan untuk membuat perabotanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon dipahami, disini saya hanya menjelaskan cara mendesain. untuk membuat perabotnya diluar blog saya. terimakasih:)

      Hapus
  8. Balasan
    1. sudah dijelaskan diatas pada tahap awal, versi sketchup yg digunakan adalah versi pro 2019.

      Hapus
  9. sangat bermanfaat bisa di coba untuk membuat aslinya :)

    BalasHapus
  10. untuk spesifikasi alatnya/ computer&laptop yang sepertia bagaimana yang bisa di instal skethcup? skethcup versi berapa yang bisa di intal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. laptop Lenovo Ram 4gb (minimal 2gb), mouse dan sketchup versi pro 2019

      Hapus
  11. Mengapa ada kotak P3k pada desain simulator ABK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena sebagai pertolongan pertama bagi ABK jika ada kecelakaan atau masalah kesehatan pada pekerja

      Hapus
  12. apa pada bagian belakang lemari bentuknya tidak menyesuaikan bentuk dari gading kapal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya meneyesuaikan kemiringan gading simulator. pada saat penerapan akan ada tambahan dinding bidang miring

      Hapus
  13. Mengapa memilih design yang seperti itu utntuk kotak P3K nya?

    BalasHapus
  14. dari design di atas tidak di berikan gambaran untuk cara menempel di dindingnya , apakah bisa dijelas kan ? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. disini saya hanya menjelaskan tentang cara mendesain dan untuk cara menempelnya bisa dijelaskan jika ada kesempatan waktu. terimakasih..

      Hapus
  15. berapa waktu yang diperlukan untuk membuat kotak p3k tersebut dan mesin atau alat apa yang diperlukan untuk membuat p3k?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksimal 1 jam. alat yang dipakai sudah dijelaskan diatas yaitu menggunakan laptop(minimal RAM 2gb) dan mouse

      Hapus
  16. Berarti hanya dipaku untuk setiap sudutnya?apakah kuat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai baut biar lebih kuat. Di bor dlu :v

      Hapus

ARTI ZEN DAN PENERAPANNYA

assalamu'alaikum wr. wb             z en adalah perubahan atau perbaikan yang dilakukan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan ber...