Kamis, 12 September 2019

ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB


Apakah kalian sudah pernah mendengar tentang Interior Kapal ?

Nah, pasti kalian sudah sering dengar dengan Interior bangunan seperti pada umumnya. Tetapi disini akan dibahas beberapa ilmu pengetahuan tentang Interior Kapal dan pekerjaan-pekerjaan yang meliputi Interior Kapal.

Yuk disimak baik-baik :)


PENGERTIAN INTERIOR KAPAL
      Dalam merencanakan interior pada kapal pada dasarnya hampir sama dengan perencanaan interior pada bangunan-bangunan lainnya, yang membedakan antara Interior Bangunan dan Interior Kapal adalah suatu bentuk ruangan yang berada disebuah bangunan dan bentuk ruangan (didalam kapal) yang memiliki ciri khas. Ruangan didalam kapal terkadang diciptakan dengan wilayah yang cenderung sempit dengan bentuk tertentu seperti penggunaan bentuk lengkung, dan lain sebagainya.

           Tidak hanya dilihat dari bentuk ruangannya yang khas,dalam pemasangan perabot interior didalam kapal pun juga berbeda dengan pemasangan interior pada umumnya. Pemasangan interior didalam sebuah kapal membutuhkan alat pengikat/alat perekat sebagai pengunci agar interior-interior didalam kapal tersebut tidak bergeser atau bahkan terjatuh saat kapal terkena terjangan ombak.

Perlu kalian ketahui, Interior Kapal adalah salah satu disiplin ilmu teknik perkapalan. Dibandingkan yang lain seperti permesinan kapal, desain rancang bangun kapal, kelistrikan kapal hingga pengelasan kapal, ilmu Interior Kapal justru kurang dikenali atau bahkan belum dikenali dikalangan masyarakat. Meski demikian, secara tuntutan pemanfaatan dalam suatu perencanaan pembangunan suatu kapal, harus disadari bahwa disiplin ilmu Interior Kapal justru sangat-sangat penting dan sangat dibutuhkan.

          SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo adalah salah satu sekolah yang memiliki jurusan Interior Kapal yang mempelajari tentang kerja dasar kayu, pengoperasian mesin-mesin kayu, pengoperasian electric handtool, pembuatan interior, pemasangan interior, pembuatan perabot kapal dari bahan plat tipis dengan kayu, hingga teknik pelapisan permukaan.
    
          Tidak hanya itu saja, jurusan Interior Kapal juga mempelajari tentang bagaimana cara menggambar gambar kerja dengan cara manual menggunakan alat gambar seperti buku gambar, pensil 2B, penghapus, alat jangka serta berbagai macam penggaris seperti penggaris berbentuk segitiga, dsb. Selain itu, jurusan Interior Kapal juga mempelajari tentang cara menggambar gambar kerja menggunakan program atau aplikasi menggambar didalam komputer seperti AutoCad dan SketchUp.


           
 
GB. RUANG PEMBELAJARAN JURUSAN INTERIOR KAPAL SMKN 3 BUDURAN




PEKERJAAN INTERIOR KAPAL

Apa itu PEKERJAAN INTERIOR KAPAL ?
Pekerjaan Interior Kapal adalah suatu pekerjaan yang menghasilkan suatu barang atau perabot kapal yang didasari dengan teknik-teknik tertentu dalam mengerjakannya.
Berdasarkan pekerjaan interior kapal, disini akan dibagikan informasi atau materi mengenai desain Simulator Kapal Ruang ABK (Anak Buah Kapal) dan furniturenya sebagai tahap awal dalam pengerjaan.
Langkah awal dalam pengerjaan adalah mendesain ruangan simulator dengan bentuk 2D terlebih dahulu, lalu mendesain dalam bentuk 3D agar gambar terlihat seperti asli. Program atau aplikasi yang dipakai dalam bentuk 3D adalah SketchUp 2019 Pro pada laptop. Seperti tampak pada gambar dibawah ini.



GB. DESAIN RUANG TIDUR SIMULATOR KAPAL

Pada gambar diatas, tempat tidur didesain bertingkat agar meminimalisir ruangan yang sempit. Pada bagian tempat tidur atas dibuat lebih kedalam menyesuaikan gading atau lambung kapal. Kenyamanan sangat diperlukan pada tempat tidur, Skat pengaman pada bagian samping tempat tidur diberi jarak dengan tangga sebagai ruang untuk duduk atau bersantai serta pada bagian bawah tempat tidur terdapat rak penyimpanan untuk menyimpan barang-barang.



GB. DESAIN RUANG PAKAIAN, RAK SEPATU, KOTAK P3K SIMULATOR KAPAL

Pada ruangan tersebut terdapat lemari, rak sepatu, kotak P3k dan gantungan baju karena ruangan yang terbatas maka pemanfaatan ruangan seperti ini sangat bisa meminimalisir tempat. Semua perabot yang berada di bagian lantai dibuat mendatar menyesuaikan bentuk lantai. 
               Pada bagian dinding belakang perabot-perabot tersebut juga mengikuti bentuk dari lambung kapal (miring) dengan penambahan bahan pada bagian belakang perabot sesuai kemiringan. Perabot-perabot ini harus permanen agar tidak bergerak atau jatuh saat kapal terkena ombak.


Bagaimana? Apakah kalian sudah mengerti tentang Interior Kapal dan pekerjaan Interior Kapal?

Semoga materi ini bisa bermanfaat untuk mengasah pengetahuan tentang ilmu-ilmu yang diterapkan pada Interior Kapal. Terima Kasih :)


WASSALAMU’ALAIKUM WR. WB

15 komentar:

  1. bagus, semoga dapat menyampaikan materi yang lain.

    BalasHapus
  2. Terimakasih kak bahasa mudah dipahami

    BalasHapus
  3. mengapa pintu alamari tidak menggunakan pintu sleding supaya tidak memakan apabila ingin mengambil baju didalam almari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, menurut saya tidak memakan tempat karena sudah didesain dan dipikirkan sedemikian rupa. terimakasih sarannya:)

      Hapus
  4. mengapa tangga yang berada di tempat tidur dibuat mepet dengan dinding sekat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. agar tidak memakan banyak tempat dan terlihat lebih rapi

      Hapus
    2. maaf sebelumnya kalau misal tangga tersebut mepet ke dinding sekat, emang benar tidak memakan banyak tempat dan terlihat rapi, tapi secara pribadi saya akan lebih baik kalau tidak mepet tangganya tersebut karena berfungsi untuk lebih kuat untuk dipan atas dan juga bisa dibuat pegangangan:)

      Hapus
  5. SMK 3 budran tentang menata tata letak doang apa juga harus membuat seperti membuat dipan dahulu atau membuat lemari dahulu baru menata nya. . makasi min mohon dijawab karnea sy lagi PPDB Jatim dan mau masuk interior kapal

    BalasHapus

ARTI ZEN DAN PENERAPANNYA

assalamu'alaikum wr. wb             z en adalah perubahan atau perbaikan yang dilakukan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan ber...